Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jejak Jaringan Pos Tertua di Turki

Wikimedia Commons

taukah-anda.com - Turki merupakan wilayah yang menjadi pertemuan berbagai peradaban dan penemuan pelbagai peninggalan kuno. Di antara peninggalan kuno itu berasal dari peradaban Yunani, Romawi, Persia, dan Turk.

Belum lama ini, para arkeolog Turki telah menemukan sebuah struktur bangunan kuno yang diperkirakan merupakan bangunan kantor pos berusia 2.500 tahun. Temuan bangunan ini disinyalir dari peradaban Persia kuno. Bangunan itu ditemukan saat penggalian di permukiman Oluz Höyük di desa Toklucak di Amasya Turki.

Profesor Şevket Dönmez, seorang akademisi di Departemen Arkeologi, Universitas Istanbul dan juga sebagai pemimpin penggalian mengatakan proyek ekskavasi arkeologis mereka dalam empat tahun terakhir difokuskan pada periode Persia.

Wikimedia Commons

Sebuah jalan kuno menuju sebuah bangunan dan struktur aula dengan pilar telah ditemukan selama penggalian. Profesor Dönmez mencatat bahwa jalan kuno tersebut pertama kalinya didesain rinci seperti dari Zaman Besi Anatolia.

Dönmez pula mengatakan bahwa arsitektur bangunan-bangunan kuno yang ditemukan menandakan bahwa daerah itu dahulunya adalah pusat kuil api. Ini berarti bangsa Persia telah menggantikan agama Yunani yang pernah eksis di Anatolia Turki.

Zoroastrianisme, salah satu agama tertua di dunia diyakini berasal dari nabi Zoroaster. Agama ini lahir di tempat yang sekarang menjadi Iran. Penemuan kuil untuk pemujaan api menunjukkan bahwa agama tersebut juga ada di Anatolia.

Wikimedia Commons

Struktur bangunan yang dulu berfungsi sebagai kantor pos Persia kuno berjarak tak jauh dari kuil pemujaan api.

Donmez menambahkan, peradaban Persia adalah peradaban pertama yang membawa sistem pos ke Anatolia. Bangsa Persia kuno memiliki kerajaan besar yang membentang dari Yunani hingga Asia Tengah dan Mesir. Karena wilayah kekuasaannya yang sangat luas, mereka harus memastikan pengiriman berita yang tepat dari pusat ibukota ke daerah pinggiran. Kemudian mereka membangun berbagai sistem jalan di seluruh perbatasan.

Dönmez mengklaim bahwa Persia telah menetapkan lokasi spesifik untuk mendirikan kantor pos, di mana mereka memiliki kuda dan kurir yang cukup untuk menyampaikan berita penting ke seluruh kekaisaran. Salah satu struktur bangunan kuno berupa aula berpilar yang ditemukan adalah kantor pos itu. Penggalian di Oluz Höyük dimulai pada 2007 dan para arkeolog telah menemukan total 10 pemukiman kuno.

Sumber : kumparan.com