-->
  • Jelajahi

    Copyright © Taukah Anda ?
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Beberapa Fakta Unik Suku Melawai yang Wajib Diketahui

    Kingramli
    Senin, 07 Desember 2020, 08:40 WIB

    taukah-anda.com. Pada tanggal 1 Januari 1817, kota ini diberi nama Lawai dan diserahkan kepada Hindia Belanda oleh Raja Banjar Sultan Sulaiman. Hingga akhirnya terkenal dengan sebutan Melawai hingga saat ini.

    Ada beberapa fakta unik Suku Melawai yang akan kita bahas di artikel ini. Lalu, apa saja sih fakta unik Suku Melawai yang akan kita bahas kali ini?

    1. Suku Melawai Mempunyai Beragam Suku.
    Suku Melawai mempunyai keberagaman suku dayak. Ada 12 Suku yang berada di Suku Melawai. Diantaranya ada Suku Melayu, Suku Dayak Kepuas, Suku Dayak Keluas, Suku Dayak Senganan, Suku Dayak Linoh, Suku Dayak Barai, Suku Dayak Limbai, Suku Dayak Kebahan, Suku Dayak Ingar Silat, Suku Dayak Sane, Suku Dayak Randu, dan masih banyak yang lainnya.

    2. Suku Melawai Mempunyai Beragam Ritual
    Sama seperti berbagai Suku lain yang berada di Indonesia, Suku Melawai pun mempunyai beberapa ritual. Salah satu ritual yang diadakan adalah ritual perdamaian dan tolak bala yang dipercayai mampu mengusir segala jenis kemalangan.

    Ada pula ritual pegowai ngensudah apak umak inik umuh mentuha datuk. Yang dilakulan sebagai tanda penghormatan terhadap leluhur yang berjasa dalam adat istiadat. Ritual ini dilakukan dengan medirikan patung dari kayu ulin. Itulah salah satu fakta unik suku melawai.

    3. Masih Mempunyai Tempat Penyimpanan Beras
    Suku dayak pedalaman Melawai masih mempunyai tradisi menyimpan beras dalam lumbung padi yang dinamakan Tuko. Tuko adalah bangunan yang menyerupai rumah panggung dengan 6 penopan kayu. Dengan ukuran menyesuaikan hasil panen desa tersebut selama 1 tahun.

    4. Memiliki Tradisi Makan yang Unik
    Dalam tradisi masyarakat Dayak Kebahan, ada istilah tampak dalam Gawai Dayak. Ritual ini sering dilakukan ketika waktu makan bersama di rumah Betang atau sering disebut Berontang Panjang. Berontang Panjang adalah tradisi makan bersama dengan menjejerkan masakan yang diluruskan keatas hingga menyerupai huruf “i". Ritual makan bersama ini dilakukan dengan cara berhadapan antar penduduk.

    Masih banyak lagi fakta unik Suku Melawai lainnya yang bisa diketahui, karena keberagaman sukunya. Semoga artikel ini membantu ada mengetahui beragam kebudayaan yang tersimpan dalam Suku Melawai yaa
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sejarah

    +