Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Durian Tanpa Sekat, Buah unik dari Lombok

taukah-anda.com - Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya gudang objek wisata. Bumi Selaparang itu juga menyimpan kekayaan spesies tanaman seperti berbagai jenis duriannya yang unik. Salah satunya adalah durian si gundul.

Durian ini tidak mempunyai duri sebagaimana layaknya durian pada umumnya. Akan tetapi selain durian si gundul, lombok juga mempunyai jenis durian unik lainnya yang dikenal dengan nama Durian Tanpa Sekat


Si Durian tanpa sekat ini dari luar kelihatannya tidak berbeda dengan durian pada umumnya. Namun saat dibelah tidak nampak sekat yang biasanya memisahkan buah dalam lima juring. Buahnya menempel langsung pada kulitnya dengan susunan yang acak dan berantakan.

Pongge atau biji buah durian yang harusnya melekat ke bagian tengah buah atau hati sebagai perpanjangan tangkai justru menempel ke kulit.

Durian tanpa sekat ini memiliki aroma sangat harum dan tekstur daging yang cukup lembek dengan bentuk buah bulat simetris berkulit hijau kecokelatan dengan duri tumpul.


Ukuran buah kecil, bobot hanya 1 hingga 1,5 kilogram, rasanya cukup manis dan enak, karena tanpa sekat, porsi daging lebih banyak 5 - 10 persen dari pada durian umumnya, tinggi pohon sekitar 25 meter dengan tajuk pohon membulat dipenuhi daun hijau.

Lokasi penemuan pohon durian tanpa sekat ini di berada di Narmada Lombok Barat tepatnya di sebuah desa di kaki Gunung Rinjani pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut.

Penduduk lokal mengenal buah durian tanpa sekat ini dengan sebutan trenggaluh.

Artikel bermanfaat lainnya tersedia di link berikut